Dengarkanlah berbagai macam ilmu yang bermanfaat dengan telingamu dan dengarkanlah orang-orang yang ada di sekitarmu. Dengarkan kemampuanmu, tingkatkan, dan raihlah. Dengarkanlah :)

Thursday, March 4, 2010

Gempa Cile Berpotensi Kurangi Usia Bumi

GEMPA berkekuatan 8,8 pada skala Richter yang mengguncang Cile akhir pekan lalu mungkin telah mengubah rotasi Bumi secara keseluruhan dan memperpendek usia planet ini, demikian peneliti NASA Richard Gross.

Menurut Gros, gempa terkuat ketujuh sepanjang sejarah ini melanda Cile pada Sabtu (27/2) dan berpotensi mengurangi usia Bumi sebanyak 1,26 mikrodetik. Satu mikrodetik sama dengan 1 miliar per detik.

"Perubahan ini akan permanen," kata Gross.

Model komputer yang digunakan Gross bersama rekan-rekannya untuk menentukan efek gempa Cile juga telah menemukan bahwa poros bumi telah bergerak sekitar 3 inci.

Beberapa gempa bumi sebelumnya juga memengaruhi poros bumi. Salah satunya yakni gempa bumi berkekuatan 9,1 pada skala Richter di Aceh pada 2004 yang juga menimbulkan tsunami. Gempa itu telah memperpendek usia Bumi sebanyak 6,8 mikrodetik dan mengubah poros Bumi sekitar 2,76 inci.

Kekuatan gempa Cile memang lebih kecil jika dibandingkan dengan di Aceh, tapi efeknya ke Bumi tetap besar karena lokasinya. Episentrum gempa Cile terletak lebih dekat ke lintang tengah Bumi daripada gempa Aceh yang lebih dekat dengan ekuator. (Pri/OL-7)

Penulis : Prita Daneswari ( from Twitter : MIdotcom )

1 comment:

  1. astaghfirullahaladzim.
    kiamat sudah dekat
    alangkah baiknya kita segera bertaubat.

    ReplyDelete